Menu
21-03-2023

Ngaret: Kebiasan Buruk dalam Janjian dan Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang dianggap sepele oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia adalah urusan “ngaret”. Sudah menjadi rahasia umum bahwa terlambat atau tidak tepat waktu merupakan hal yang biasa sekali terjadi dalam kehidupan disekitar kita. Alasannya bervariasi, dari mulai macet,terlambat bangun dan lainnya. Lambat laun, kebiasaan terlambat ini menjadi hal yang sulit untuk diperbaiki. Padahal, tepat waktu merupakan kebiasaan kecil yang memiliki pengaruh besar dalam hidup kita.

Untuk tepat waktu memang tidak selalu mudah. Beberapa rintangan yang bisa jadi harus kita atasi adalah jarak perjalanan yang jauh, lalu lintas yang padat, dan jadwal yang sibuk. Namun, tepat waktu itu penting. Efek dari tidak tepat waktu bukan hanya dirasakan oleh yang melakukannya, orang lain yang tepat waktu sekalipun bisa terkena imbasnya pula. Lebih dari itu, tidak tepat waktu juga bisa mengacaukan semua jadwal agenda penting yang telah dibuat.

Berikut tips supaya acara janjianmu bisa tepat waktu dan bebas dari ngaret:

1. Menentukan waktu janjian yang jelas

Waktu menjadi standar untuk menentukan kapan sesuatu dilaksanakan. Hari, tanggal, bulan, dan jam merupakan bagian dari waktu. Normalnya, pada aktivitas bersama, tentunya telah disepakati dengan tepat, kapan kegiatan tersebut akan dimulai. Namun, ada sebagian orang atau kelompok tertentu yang tidak mempunyai standar waktu alias agak ambigu sehingga membuat waktu kedatangan tiap orang menjadi berbeda.

2. Rajin follow-up

Di hari kalian janjian, teruslah terhubung dengannya. Kabari dia setiap saat. Ketika kamu bersiap ganti baju, hubungi dia dan katakan sudah waktunya untuk siap-siap, begitu terus hingga kamu berangkat. Pastikan dia membalas pesanmu.

3. Memberikan tantangan agar tepat waktu

Siapapun di zaman sekarang akan lebih tertantang ketika diberi challenge. Buatlah tantangan agar temanmu bisa datang tepat waktu. Kamu bisa sedikit memancing dia dengan mengatakan bahwa kamu gak percaya dia bisa tepat waktu. Dijamin, dia akan merasa ingin membuktikan diri bahwa dia bisa kok datang di waktu yang ditentukan.

4. Mempersiapkan hukuman bagi yang terlambat

Selain tantangan, kamu juga bisa menyepakati hukuman yang diberikan jika dia datang terlambat. Hukuman ini harus disepakati bersama. Bisa dalam bentuk lucu-lucuan, bisa juga dalam bentuk serius jika memang dia menyetujui.

Meski seringkali kamu merasa kesal pada teman yang selalu datang terlambat, bagaimanapun juga kamu tentu harus menerima dia apa adanya. Namun, melakukan beberapa hal demi melatih kedisiplinannya tentu bukan hal yang salah.


Menghadapi orang yang suka terlambat bisa menjadi sulit, tetapi dengan cara-cara di atas, Anda dapat menghadapi mereka dengan cara yang sopan dan bijaksana. Ingatlah bahwa komunikasi yang jujur dan terbuka adalah kunci utama dalam menjaga hubungan yang baik dengan teman Anda.